Belajar Menulis Fiksi bersama Gol A Gong

Drs. Heru Patriawan (Kepala SMAN 2 Madiun), Gol A Gong, dan Tias Tatanka

Menulis, bagi sebagian orang merupakan hal yang mudah. Namun, bagi sebagian yang lain menulis bisa menjadi sesuatu yang sangat susah. Kadang ide sudah didapat, tapi tak mudah menjabarkannya menjadi sebuah tulisan.

Namun demikian, bukan berarti menulis tidak bisa dipelajari. Sebab menulis itu bukan bakat, tetapi usaha dan keterampilan yang terus diasah. Dalam bukunya Mengarang Itu Gampang, penulis senior Arswendo Atmowiloto mencoba meyakinkan para pembaca bahwa sebenarnya kegiatan menulis atau mengarang itu tidak sesukar yang dibayangkan orang. Asalkan: orang yang mau menulis atau mengarang tersebut benar-benar punya kemauan dan memaksa diri sendiri untuk menulis, menulis, dan terus menulis!

Seperti halnya menyanyi, menulis bisa dipelajari dan dilatih, asal mau langsung terjun menulis untuk berlatih, berlatih, dan berlatih.  Menulis juga bisa dilakukan siapa pun dengan profesi apapun. Menulis juga merupakan kegiatan intelektual setelah membaca. Kegiatan membaca dan menulis akan menunjukkan kualitas intelektual seseorang. Melalui bukunya Jangan Mau Gak Nulis Seumur Hidup, Gol A Gong juga memprovokasi dan memberikan kiat-kiat khusus kepada pembaca untuk menulis. Buku-buku teori tentang menulis memang banyak, tapi semua itu tak akan ada artinya jika tidak langsung mulai mencoba menulis.

Dalam rangka memotivasi dan meningkatkan keterampilan menulis, tanggal 2 Maret 2011 kemarin, SMA Negeri 2 Madiun mengundang penulis senior Gol A Gong untuk memberikan pelatihan menulis fiksi bagi siswa dan guru SMA Negeri 2 Madiun. Kegiatan ini juga bertujuan untuk  pengembangan diri dan meningkatkan profesionalisme Guru, khususnya Guru Bahasa Indonesia, serta pembekalan pendidikan kecakapan hidup (life skill) bidang kepenulisan kepada siswa.

Kepiawaian Gol A Gong sebagai penulis memang tak diragukan lagi. Gol A Gong adalah pengarang novel produktif,  penulis ratusan skenario TV, dan pendiri komunitas baca RUMAH DUNIA di kampong Ciloang, Serang Banten. Gol A Gong sudah menulis 70 novel; Balada Si Roy, Pada-Mu Aku Bersimpuh, Al-Bahri, Musafir, Aku Anak Matahari, The Journey, dan Labirin Lazuardi. Pernah bekerja sebagai wartawan di Gramedia Group (1988-1990), sebagai senior creative di RCTI (1996 – 2008), Asisten menejer Banten TV, membidani kelahiran penulis muda bersama Forum Lingkar Pena, melahirkan banyak wartawan di Koran lokal (Radan Banten dan Banten Raya Post), penulis novel berbakat dan penulis scenario TV local dan nasional di “Kelas Menulis Rumah Dunia”. Gol A Gong juga menjabat sebagai Ketua Umum Forum Taman Bacaan Masyarakat Indonesia periode 2010 – 2015. Panitia setempat juga bisa bekerjasama dengan Pengurus Wilayah TBM setempat. Sekarang Gol A Gong Direktur Gong Publishing dan sudah menerbitkan 15 buku (bisa klik www.tokorumahdunia.com)

Kegiatan yang bertajuk BE a WRITER: Kelas Menulis Bersama Gol A Gong ini berlangsung sehari (hampir 8 jam) dan diikuti oleh 50 peserta. Dalam pelatihan tersebut Gol A Gong yang didampingi istrinya yang juga penulis, Tias Tatanka memberikan tips-tips khusus untuk menjadi penulis. Seperti halnya bagaimana membuat nama pena, bagaimana menggali ide, bagaimana membangun alur dan plot, bagaimana menampilkan karakter tokoh, bagaimana membangun dialog, dan sebagainya. Selain mendapat ilmu tentang menulis fiksi, peserta juga mendapat bonus novel Gol A Gong, Tiga Ombak.

Meski berlangsung hampir 8 jam, peserta tetap antusias mengikuti acara hingga selesai. Bahkan beberapa peserta meminta kepada saya untuk menyelenggarakan kegiatan serupa tahun depan. Mas Gong dan Mbak Tias, Anda berdua kami tunggu kembali.###

6 responses to “Belajar Menulis Fiksi bersama Gol A Gong

  1. Kegiatan semacam itu sungguh menarik untuk diikuti, khususnya guru Bahasa Indonesia, Bu. Karena, lewat kegiatan semacam itu sangat menyediakan “ruang berkreasi (tulis)”, dan menyulut motivasi. Selamat dan sukses, ya Bu.

    Salam kekerabatan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s