Pelatihan Guru

TAK ADA KATA TERLAMBAT UNTUK BELAJAR

Perkembangan teknologi informasi beberapa tahun belakangan ini berlangsung sangat cepat. Salah satu bidang yang mendapatkan dampak yang cukup berarti dengan perkembangan teknologi informasi ini adalah bidang pendidikan. Perkembangan teknologi informasi sepertinya telah mengambil alih peran guru sebagai sumber belajar dan sumber informasi yang selama ini digadang-gadang. Betapa tidak, anak-anak kita sekarang ini lebih mudah dan cepat menggali informasi dari internet. Sehingga tidak jarang, anak-anak menjadi lebih tahu mengenai hal-hal baru dibandingkan dengan gurunya.

Berkaitan dengan fakta tersebut, maka guru pun mau tidak mau harus pula giat bersentuhan dengan teknologi informasi ini. Guru harus melek informasi, melek teknologi, melek internet. Terlebih saat ini komputer dan laptop bukan lagi merupakan barang mewah. Alat ini sudah digunakan di berbagai bidang pekerjaan, termasuk pendidikan. Di lembaga pendidikan kehadiran perangkat komputer dan laptop, bahkan jaringan internet telah menjadi suatu hal yang harus dikondisikan dan disosialisasikan untuk menjawab tantangan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Bagi sebagian guru, perkembangan teknologi informasi tentu sudah tidak asing bahkan sudah melekat dalam keseharian. Namun, dalam kenyataan di lapangan masih saja ada guru yang belum akrab dengan teknologi informasi ini. Dalam rangka mendekatkan guru dengan teknologi informasi ini maka SMA Negeri 2 Madiun menyelenggarakan pelatihan TIK bagi guru pada tanggal 5 s.d. 6 April 2011, kemarin. Materi yang diberikan meliputi: pembuatan media pembelajaran menggunakan microsoft powerpoint, pembuatan dan pengelolaan e-mail, serta pembuatan blog.

Mengingat pengetahuan dan keterampilan TIK guru-guru di SMAN 2 Madiun belum merata, maka pelatihan ini dibagi menjadi 2 kelompok. Kelompok pertama adalah rekan-rekan guru yang pengetahuan dan keterampilan TIK-nya masih sangat minim. Pada rekan-rekan guru kelompok ini diberikan materi pembuatan media pembelajaran menggunakan microsoft powerpoint serta pengelolaan e-mail. Sedangkan kelompok kedua adalah rekan-rekan guru yang pengetahuan dan keterampilan TIK-nya sudah lebih memadai. Pada rekan-rekan guru kelompok ini diberikan materi pembuatan blog. Pelatihan ini dikemas secara sederhana. Tidak banyak teori, yang penting langsung praktik. Teknisnya, guru-guru yang sudah mahir, yaitu guru yang sudah memiliki pengetahuan lebih dalam hal teknologi informasi harus mendampingi rekan-rekan guru yang pengetahuan dan keterampilannya di bidang teknologi informasi masih minim.

  Hari pertama, pelatihan diberikan bagi guru kelompok pertama, Memang tidak mudah. Terlebih ketika harus mendampingi rekan guru yang masih pemula dalam hal teknologi informasi. Tak jarang, untuk memegang tetikus (mouse) untuk mengatur gerak cursor saja mereka masih kaku. Sehingga diperlukan kesabaran ekstra untuk mendampingi beliau-beliau yang memang kebanyakan sudah senior secara usia.

Ada hal menarik saat mendampingi guru-guru senior ini, khususnya bagi saya. Bahkan sempat membuat hati saya tergetar. Betapa tidak. Guru-guru senior tersebut dulu merupakan guru-guru saya. Ya, karena saya memang alumni dari SMAN 2 Madiun yang saat ini menjadi tempat saya mengajar. Jadi, kalau dulu saya belajar dari beliau-beliau, sekarang ganti saya yang harus membagi pengetahuan yang saya miliki kepada beliau-beliau. Saya teringat dan sadar bahwa sekarang saya bisa seperti ini tentu tak luput dari jasa beliau-beliau itu. Inilah kesempatan saya untuk membalasnya, meski pun balasan yang saya berikan ini mungkin tak ada seujung kuku. Dan barangkali memang tak banyak juga orang yang berkesempatan membalas apa yang telah diberikan mantan gurunya. [Semangat terus bapak dan ibu guru, saya siap membantu]

Pada hari kedua, pelatihan diberikan bagi guru kelompok kedua, yaitu rekan-rekan guru yang memiliki dasar pengetahuan dan keterampilan TIK lebih memadai. Materi yang diberikan adalah pembuatan blog. Guru go-blog memang sudah lama didengung-dengungkan. Tapi kenyataannya masih banyak pula rekan-rekan guru yang belum bisa membuat blog, apalagi memanfaatkannya sebagai media pembelajaran. Padahal, banyak sekali manfaat blog bagi guru, antara lain sebagai sarana dan media menyebarluaskan ilmu, menuangkan gagasan dan opini, berlatih membuat tulisan, mengembangkan diri, mengembangkan jaringan antarguru di berbagai wilayah, dan sebagainya. Sehingga keterampilan dan kebiasaan nge-blog di kalangan guru harus terus dibudayakan.

Seperti halnya pelatihan hari pertama, pelatihan hari kedua ini juga langsung fokus pada praktik. Tekniknya pun juga melalui pendampingan. Rekan guru yang sudah aktif nge-blog/blogging membantu rekan guru lain untuk membuat blog. Karena peserta hari kedua ini adalah guru-guru muda, maka tidak banyak kesulitan yang dijumpai. Dasar-dasar teknologi informasi sudah dikuasai, tinggal mengembangkan saja, yang pada pelatihan ini diarahkan pada pembuatan blog. Tidak membutuhkan waktu lama, dasar-dasar nge-blog sudah dapat dikuasai. Tinggal bagaimana mengelola blog yang sudah dimiliki secara berkelanjutan agar tetap hidup. Sebab tak sedikit blog yang dibiarkan mati oleh pemiliknya.

Ya, tetap semangat Bapak dan Ibu Guru. Kembangkan terus diri Anda dengan selalu menambah pengetahuan dan keterampilan, agar predikat guru profesional tidak sekedar selembar sertifikat. Salam.###

4 responses to “Pelatihan Guru

  1. di sekolah kami rencananya juga mau adakan pelatihan komputer, tapi materinya masih dasar banget,…ya saya kasih judul pelatihan menjinakkan mouse. karena memang banyak yang belum pernah megang komputer sih

    • bila perlu pelatihannya seminggu sekali. guru yang sudah mahir membantu dan mengajari guru yang belum bisa.
      memang masih banyak guru yang belum bisa komputer, padahal sudah memegang sertifikat guru profesional.
      sukses, bapak…

  2. benar banget, bu, masih banyak guru yang belum dapat mengoperasikan komputer. di sekolah kami, jumlahnya lebih banyak ketimbang yang sudah dapat mengoperasikan komputer. tapi, hingga kini, belum ada tanda-tanda untuk mengadakan pelatihan sekalipun sederhana. apalagi yang namanya ngeblog, wah-wah,wah, nyaris tak ada.

    salam kekerabatan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s