Kartun Peduli Bahasa Indonesia

sumber gambar: Kompas Minggu, 4 Desember 2011

Kartun di atas menggambarkan sebagian besar sikap dan perilaku masyarakat Indonesia terhadap bahasa Indonesia. Kartun tersebut tentunya hadir sebagai bentuk keprihatinan pembuatnya ketika melihat sikap dan perilaku masyarakat Indonesia terhadap bahasa Indonesia. Melalui kartun tersebut, pembuatnya ingin menyentil dan mengajak pembaca untuk merenung, siapa lagi yang mau menggunakan dan melestarikan bahasa Indonesia kalau bukan masyarakat Indonesia sendiri?

Sudah semestinya masyarakat Indonesia membiasakan diri untuk menghargai dan memiliki kebanggaan terhadap bahasanya sendiri. Indonesia hampir kehilangan segala-galanya akibat perilaku masyarakatnya sendiri. Dan bukan tidak mungkin juga akan kehilangan bahasanya bila masyarakat Indonesia tidak mengubah sikap dan perilakunya. Mari selamatkan bahasa Indonesia, sebelum terlambat. Salam.##

9 responses to “Kartun Peduli Bahasa Indonesia

  1. Kami di Pusat Budaya Indonesia Nusantara sedang melakukan promosi dan mengenalkan Bahasa Indonesia kepada masyarakat lokal Kamboja. Saat ini ada sekitar 500 pemuda yang sudah dan sedang belajar Bahasa Indonesia. Kami bukan para guru Profesional tapi kami sangat terbeban untuk mengenalkan dan mengajarkan Bahasa Indonesia kepada orang banyak. Demi Lestari Bahasa-ku dan jaya Indonesia ku.

    • Indonesia memang membutuhkan orang-orang seperti Anda, yang mau dan mampu memperkenalkan Bahasa Indonesia kepada masyarakat dunia. Dengan harapan bahasa Indonesia akan semakin dikenal di seluruh penjuru dunia. Teruslah berjuang untuk kejayaan Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s