Menciptakan Pembelajaran Puisi yang Menarik

Apresiasi puisi merupakan bagian yang tidak dapat dilepaskan dari pengajaran bahasa dan sastra Indonesia di SMA. Namun, kenyataan di lapangan, kegiatan ini sering menemui berbagai kendala, baik dari pihak guru maupun siswa. Guru yang tidak menyukai sastra cenderung menghindari pembelajaran apresiasi puisi ini. Kalau pun mau mengajarkan, mereka akan mengajarkannya dengan sepintas lalu, dengan cara ala kadarnya, sehingga tidak menarik dan terasa sangat membosankan.

Sementara itu, tak jauh beda pula bila ditilik dari sisi siswa. Bukan rahasia lagi, di dalam kelas masih banyak (tidak semua) siswa yang kurang suka pada puisi. Siswa seringkali sudah apriori ketika mendengar kata ’puisi’. Mereka menganggap bahwa puisi itu sesuatu yang sulit untuk dipelajari. Dalam kegiatan apresiasi puisi, banyak siswa yang merasa akan dihadapkan pada sebuah pekerjaan berat yang sering  menimbulkan rasa was-was, bimbang, ragu.

Kondisi semacam ini bila dibiarkan tentu akan semakin menjauhkan siswa dari puisi. Padahal, kegiatan apresiasi sastra – termasuk puisi – sangat bermanfaat untuk memperkaya jiwa penikmatnya. Bukankah dalam puisi sering dijumpai banyak hal? Mulai hal-hal yang berkaitan dengan religiusitas, sosial, politik, moral, dan masih banyak lagi.

Pemegang kunci utama untuk memperbaiki kondisi ini tentu saja guru. Guru harus mau berupaya untuk menciptakan pembelajaran puisi yang menarik. Guru harus berani melakukan inovasi pembelajaran. Selama ini, guru bahasa Indonesia di sekolah dalam pelaksanaan pembelajaran sastra – termasuk puisi – terlalu berorientasi pada teori. Jalannya pembelajaran sangat teoretis sehingga produknya adalah membosankan. Apresiasi sebagai titik berat pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia pun sering diabaikan.

Salah satu cara yang dapat dilakukan guru untuk menciptakan pembelajaran puisi yang menarik adalah dengan memanfaatkan teknologi. Ilmu pengetahuan dan teknologi telah mengalami revolusi yang sangat cepat. Dalam bidang pendidikan, perubahan-perubahan ini menjadi salah satu modal penting penyelenggaraan kegiatan pendidikan yang lebih efisien dan efektif. Dalam hal ini, pendekatan teknologis menjadi bagian yang penting dan tidak dapat dipisahkan dalam penyelenggaraan kegiatan pembelajaran. Sekolah-sekolah pun terus berupaya melengkapi fasilitas yang terkait dengan perkembangan teknologi ini. Misalnya, laboratorium bahasa, LCD Proyektor, jaringan internet dan sebagainya.

Berdasarkan potensi yang dimiliki sekolah, guru dapat menyajikan pembelajaran yang menarik melalui pembelajaran berbasis TIK. Misalnya, dengan menampilkan video musikalisasi puisi atau pun video pembacaan puisi dari para sastrawan yang banyak ditemukan dan dapat diunduh dari internet. Selama ini, mungkin siswa hanya mendengar nama dan membaca karya-karya sastrawan Taufik Ismail, W.S. Rendra, Emha Ainun Nadjib, dan kawan-kawan dari buku yang siswa baca. Dengan bantuan teknologi, guru dapat menghadirkan sastrawan-sastrawan tersebut ke ruang kelas. Bagaimana wajah penyair-penyair besar tersebut dan bagaimana mereka membacakan puisi-puisi yang mereka cipta.

Menyimak pembacaan puisi maupun musikalisasi puisi melalui video ini tentu lebih menarik bagi siswa dibandingkan dengan hanya membaca buku teks. Melalui video, siswa lebih mudah menangkap pesan puisi. Sebab video seringkali dilengkapi dengan suara dan gambar. Di samping itu, siswa juga memperoleh pengalaman belajar yang baru. Tidak hanya mendengarkan guru ceramah di depan kelas. Bila siswa sudah tertarik, maka guru dapat lebih mudah menyampaikan inti dari pembelajaran puisi sehingga sasaran utama pembelajaran apresiasi sastra sebagai wahana memperkaya jiwa dapat tercapai. Selamat mencoba.

Berikut ini contoh-contoh video puisi yang saya buat dengan movie maker. Video ini mencoba menggabungkan MP3 musikalisasi puisi yang sudah ada dengan slide gambar dan teks.

Musikalisasi puisi Taufik Ismail “Dengan Puisi Aku” dan puisi Sapardi Djoko Damono “Hatiku Selembar Daun“. Untuk mengunduhnya silakan klik pada gambar.

dan berikut ini video sastrawan baca puisi serta video musikalisasi puisi yang dapat Anda ambil dari youtube.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s