Guru dan Lomba Blog

Dalam perkembangan teknologi informasi saat ini, blog berhasil merebut perhatian masyarakat dan menjadi tren yang sangat digemari, terutama di kalangan pengguna internet. Melihat perkembangan dunia blogger yang kian pesat, maka lomba blog pun kian banyak diselenggarakan, baik oleh instansi pemerintah maupun swasta. Bahkan, ada pula yang dikhususkan untuk profesi tertentu, misalnya guru. Berbagai lomba blog yang diselenggarakan tersebut memiliki tujuan mendorong para blogger untuk senantiasa berkreasi dalam memanfaatkan teknologi serta berupaya memberikan informasi-informasi positif kepada masyarakat.

Badan Pembinaan dan Pengembangan Bahasa – yang berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan – merupakan salah satu instansi yang rutin menyelenggarakan lomba blog. Tahun 2012 ini, lomba yang diselenggarakan dalam rangka peringatan Bulan Bahasa dan Sastra serta bertajuk Lomba Blog Kebahasaan dan Kesastraan ini sudah memasuki tahun ke-3. Kegiatan Lomba Blog Kebahasaan dan Kesastraan tersebut dimaksudkan untuk memberikan penghargaan kepada pembuat blog kebahasaan dan kesastraan yang bernilai unggul, baik dari sisi artistik, informatika, maupun kemanfaatan isi yang termuat di dalam blog tersebut.

Melalui lomba ini, Badan Bahasa ingin mengajak para blogger untuk menyumbangkan gagasan dalam hal pengembangan dan pembinaan bahasa dan sastra Indonesia melalui tulisan di blog yang berisi aspirasi, gagasan, dan pengetahuan mengenai bahasa dan sastra Indonesia. Dalam setiap penyelenggaraan, dipilih 6 orang pemenang. Dan tahun 2012 pemenang Lomba Blog Kebahasaan dan Kesastraan berhasil diraih oleh nama-nama berikut.

Pemenang Lomba Blog Kebahasaan dan Kesastraan Tingkat Nasional tahun 2012
a. Pemenang I: Drs. Sawali, M.Pd. (Kendal)
b. Pemenang II: Bekti Patria Dwi Hastuti, S.S. (Madiun)
c. Pemenang III: R. Kusdaryoko, S.Pd. (Banjarnegara)
d. Pemenang Harapan I: Sabjan Badio (Jogja)
e. Pemenang Harapan II: Ferina Meliasanti (Subang)
f. Pemenang Harapan III: Ahlul Hukmi (Riau)

Selamat untuk para pemenang. Pengumuman hasil lomba Bulan Bahasa dan Sastra 2012 selengkapnya dapat dilihat di laman Badan Bahasa dan laman Kemdikbud.

Hal lain yang menarik dan membanggakan, meski lomba ini dibuka untuk umum, ternyata para pemenang lomba blog di atas didominasi oleh beliau-beliau yang berprofesi sebagai guru (peringkat 1 s.d. 4). Hal ini menunjukkan banyak guru Indonesia yang sudah melek teknologi, serta kreatif dalam berupaya menyebarkan informasi-informasi positif bagi masyarakat. Para guru tersebut menyadari bahwa saat ini menjadi guru tidak cukup hanya berdiri di ruang-ruang kelas, tetapi guru juga perlu hadir di ruang-ruang maya. Aktivitas nge-blog menjadi salah satu cara dan upaya guru untuk mendekati peserta didiknya yang saat ini cenderung lebih dekat dengan dunia maya. Di samping itu, aktivitas nge-blog di kalangan guru juga sangat dibutuhkan untuk kepentingan dunia pendidikan, yang salah satunya menjadi sarana komunikasi dan ajang berbagi informasi sesama guru di Indonesia.

Sekali lagi, selamat untuk para pemenang. Selamat untuk guru-guru Indonesia. Semoga segala yang telah Anda upayakan membawa manfaat bagi pembinaan dan pengembangan bahasa dan sastra Indonesia serta masyarakat pada umumnya. Sampai jumpa pada kompetisi  blog berikutnya. Salam.##

8 responses to “Guru dan Lomba Blog

  1. Di antara berita2 miring yang mengatakan bahwa guru itu gaptek agaknya berhasil ditepis lewat event lomba ini, Bu. Semoga makin banyak rekan sejawat yang tertarik utk ngeblog. Selamat buat Bu Bekti yang dua tahun berturut-turut berhasil menjadi pemenang lomba blog bahasa dan sastra.

    • Betul, berkat virus yang disebarkan Bapak, insyaallah guru nge-blog akan semakin banyak. Selamat juga untuk panjenengan, yang saya anggap sebagai inspirator saya di dunia blogger. Salam sukses.

  2. Selamat kepada para pemenang, spesial untuk yang pemenang kedua. Semoga kemenangan ini menjadi pemicu semangat untuk lebih aktif dan kreatif dalam berkarya demi perkembangan bahasa dan sastra Indonesia tercinta.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s