Berkarya Bersama

sketsa-masaMenumbuhkan kebiasaan menulis bukanlah hal yang mudah. Tak terkecuali di kalangan guru. Namun, penerbitan buku antologi puisi ini berusaha mematahkan anggapan tersebut. Para penulis yang semua berprofesi sebagai guru bahasa Indonesia, yang tentunya masih penulis pemula, berupaya menyajikan karya-karya puisinya dalam antologi puisi ini. Mereka adalah Abi Kusno C.S. (guru SMAN 1 Ponorogo), Bekti Patria (guru SMAN 2 Madiun), Y. Niken Sasanti (guru dan Kasek SMPN 10 Yogyakarta), Yukhsan Wahyudi (guru SMK Maarif 1 Kebumen), dan Abdul Ghoni A. (dosen IKIP PGRI Bojonegoro).

Banyak sisi-sisi kehidupan yang disentuh dan direfleksikan, banyak tema yang diangkat ke permukaan. Puisi-puisi dengan tema beragam yang disajikan dalam antologi ini terlihat sebagai hasil rekaman para penulisnya atas berbagai rona kehidupan yang mereka alami. Ada puisi-puisi yang sangat personal dengan kontemplasi yang memperkaya spiritualitas, ada pula puisi-puisi sosial dengan kritik dan pemikiran-pemikiran yang segar, ada pula yang humanis, religius, dan liris.

Memang ada kedalaman dan kedangkalan dalam puisi-puisi ini. Ada pengolahan kata yang masih sederhana. Namun, seperti apa pun kondisi dan kualitasnya, para penulis sudah mencoba menunjukkan upaya untuk melahirkan tulisan. Suatu hal yang tentunya membutuhkan kesungguhan dan niat yang kuat di tengah aktivitas mengajar mereka.

Selain hadir sebagai bentuk upaya mendorong para guru untuk menulis, antologi puisi ini juga dimaksudkan sebagai ajang reuni para penulis yang pernah dipertemukan takdir untuk bersama menimba ilmu di Pascasarjana UNS. Para menulis berharap penerbitan antologi ini dapat memotivasi guru-guru lain serta peserta didik untuk ikut menulis. Semoga penerbitan antologi ini akan disusul dengan penerbitan tulisan-tulisan berikutnya. Salam.##

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s