Saya

gurubaikBernama lengkap Bekti Patria Dwi Hastuti, S.S. Lahir di Ngawi, tahun 1974. Memperoleh gelar Sarjana Sastra dari Fakultas Sastra, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, tahun 1998.  Mengajar sejak tahun 1998, dan saat ini mengajar di SMA Negeri 2 Madiun sebagai pengampu mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Membaca merupakan kegemarannya sejak kecil, selain mengumpulkan prangko dan bikin kliping koran. Tak heran bila sekarang ada ratusan buku – yang sering ia borong bila ada pameran – memenuhi rak-rak buku di rumah.

Kegemarannya membaca buku-buku sastra juga telah mengantarkannya meraih penghargaan;

1. Tahun 2006, sebagai pemenang ke-2 dalam Lomba Mengulas Karya Sastra (LMKS) tingkat nasional tahun 2006, yang diselenggarakan oleh Depdiknas, Jakarta, dengan judul karya Potret Manusia Jawa dalam Gelombang Perubahan Masyarakatnya (Ulasan terhadap novel PASAR karya Kuntowijoyo). 

2. Tahun 2010 karyanya yang berjudul Pendidikan Karakter Ala Pesantren dalam Novel Negeri 5 Menara memperoleh penghargaan sebagai pemenang harapan ke-2 pada Sayembara Penulisan Esai Sastra tingkat nasional dalam rangka Bulan Bahasa dan Sastra tahun 2010, yang diselenggarakan oleh Pusat Bahasa, Kemdiknas, Jakarta.

3. Tahun 2011, bersama blog ini, ia berhasil menjadipemenang ke-1 pada Lomba Blog Kebahasaan dan Kesastraan tingkat nasional, dalam rangka Bulan Bahasa dan Sastra tahun 2011,  yang diselenggarakan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemendikbud, Jakarta.

 4. Tahun 2012 mendapat penghargaan sebagai Penulis Terbaik Artikel Pendidikan versi Majalah Pendidikan Jawa Timur, MEDIA, untuk periode penilaian dari bulan Maret 2011 s.d. Februari 2012.

5. Tahun 2012, dalam rangka Bulan Bahasa dan Sastra 2012, bersama blog ini mendapat penghargaan sebagai pemenang ke-2 Lomba Blog Kebahasaan dan Kesastraan tingkat nasional, yang diselenggarakan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemendikbud, Jakarta.

6. November 2012 mendapat penghargaan sebagai Guru Penulis Kreatif Terbaik ke-1 dalam Lomba Menulis Kreatif Guru 2012, yang diselenggarakan oleh UNAIR dengan judul karya “Teknik Rangsang Gambar Peristiwa: Sebuah Upaya Alternatif dalam Pembelajaran Menulis Puisi”.

Di sela-sela tugasnya mengajar, ia sempatkan mengasah kemampuan menulisnya dengan menulis di blog, menulis untuk media cetak, atau mengikuti beberapa lomba penulisan.

Kata bijak yang memotivasinya adalah Jika kamu meragukan peluangmu sebelum berusaha, maka kamu akan selalu menjadi orang yang kalah (Jules Verne, Around the World in 80th Days) 

e-mail: bekti_patria@yahoo.com

51 responses to “Saya

  1. bu, saya baru buat blog baru. Soalnya lihat blognya bu bekti jadi pengen punya blog. Ini alamat blog saya : haniferka.blogspot.com

  2. Bu Bekti, salam pendidikan,sy-rahmat- ketika mengajar di SMAN 1 Bogor juga mengampu pelajaran Bahasa Indonesia. tetapi tidak serajin Ibu dalam menulis. Saat ini sy sedang mencoba menuangkan pikiran itu di blog juga sehingga sy bangun gurupembaharu, semoga perkenalan ini bisa saling mendorong untuk berkarya lebih banyak. Salam

    • saya juga baru belajar menulis, selain untuk mendokumentasikan pikiran (biar tidak menguap begitu saja), juga untuk memotivasi siswa dalam menulis. memang, menulis seringkali perlu komunitas untuk saling memotivasi. saya juga suka membaca tulisan2 di gurupembaharu, sangat bermanfaat.

    • terima kasih, pak, sudah berkunjung ke blog saya. saya baru belajar bikin blog untuk menyambung informasi kepada sesama guru dan siswa. untuk pak Yant Mujiyanto, saya tahu, tapi tidak kenal dekat.

  3. salam kenal Bu.
    terimkasih sudah mampir di blog saya

    guru-guru bahasa indonesia banyak juga kok yang suka ngeblog
    coba blogwalking saja bu..lama2 juga ketemu.

    selamat ngeblog guru-guru indonesia

  4. salam kenal Ibu Bekti,
    Terima kasih sudah mampir di blog saya.
    Saya alumni SMA 2 Madiun th 90
    Dua tahun lalu saya ke SMA 2 mewawancarai Pak Dimyati,
    dan OSIS.
    Bagaimana kabar beliau, dan guru2 yg lain ?
    Apakah Pak Dwi (biologi) masih mengajar?
    Oya, salam juga untuk Pak Muryat.
    Rumah ortu saya sekomplek dg Pak Muryat.

    Sy bukan guru bahasa Indonesia, tp menyukai pelajaran bahasa Indonesia sejak SD🙂

  5. Terima kasih telah berkunjung ke Blog Saya, di Indonesia Kalimantan Tengah, salam kenal dari saya guru pelosok negeri.

  6. salam..
    wah ternyata seorang guru bahasa indonesia ya..
    kebetulan saya menyukai sastra dan sedang belajar menulis🙂
    terima kasih ya Bu sudah berkunjung ke blog saya..

  7. Walau bukan orang sastra, tapi sy selalu mengagumi karya2 sastra walaupun mungkin baru sebatas sastra populer (istilah saya untuk cerita2 fiksi semacam novel thriller, serial detektif, sains fiksi, dsb. Mohon koreksi jika salah🙂 )!
    Salam…

  8. Salam untuk ibu guru Bekti…..ada beberapa nama atau tempat yang akan saya sebut…dan pertanyaannya apakah ini adalah ibu Bekti…seperti yang saya tahu…
    1.Walikukun
    2.PJKA
    3.Diana
    4.Depan rumah ada tugu
    …so kalo setidaknya salah 2 dari tautan diatas berkaitan….yes..it’s you.

    • ya, benar… semua yang Anda sebutkan memang berkaitan dengan saya…
      hanya saja 3.5 tahun di walikukun, tak banyak yang bisa saya ingat…
      kemarin, saya tak sengaja nyasar ke blog tentang walikukun,
      dan jika Anda memang benar kawan lama saya, sungguh suatu perjumpaan yang unik
      terima kasih …

  9. Salam kenal …
    Saya berprofesi guru di Bali, mohon info tentang guru, dan kalau ada kegiatan lomba ya dikhabarin. trima kasih.

  10. salam kenal dari kota madiun🙂 kebetulan yang sangat menyenangkan saya juga alumnus smuda, semoga bisa sering-sering mampir dimari…nice blog eniwei😀

  11. alhamdulillah bisa bertemu dg sesama guru bahasa dan sastra indonesia,ini yg sy tunggu2 dr dulu..saya jg pingin punya blog,,ini jg masih terus sy belajar,untuk bu bekti salut ,sy angkat topi,,guru seperti ibu yg dicari bangsa ini..mohon suportnya ,kalau ada yg mengajar di smk bisakah saling tukar informasi?? salam kenal untuk semua guru yg udh berkunjung di blog ini..

    • saya juga masih terus belajar, mbak. dulu saya juga terinspirasi oleh teman-teman guru yang lebih dulu nge-blog. sering mengunjungi blog rekan-rekan guru tersebut. jadinya ikutan nge-blog. sebagian blog guru, saya beri link juga di halaman blog saya ini. silakan mbak buka-buka juga.
      kalau boleh tahu, mbak mengajar di mana? semoga silaturahim ini membawa manfaat.

  12. Ping-balik: Catatan Sawali Tuhusetya

  13. Malem bu guru (atau saya panggil kakak saja biar lebih akrab?)
    Blognya menginspirasi, nih. Jadi semakin mantep menentukan tujuan buat jurusan–berhubung saya masih SMA, hihi. Mari terus berkarya, kak! Saya salut sama pencapaian-pencapaiannya🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s